Sunday, December 6, 2009

Bauran Pemasaran : Produk, Tempat, Promosi, Harga

Dalam ilmu pemasaran, bauran pemasaran lebih dikenal dengan nama marketing mix. Seperti pada blog sebelumnya (Strategi Pemasaran : Awal dari Program Pemasaran), bauran pemasaran adalah variabel-variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk memuaskan pasar sasaran (target market). Variabel-variabel tersebut adalah :
1. Produk (Product)
2. Tempat (Place)
3. Promosi (Promotion)
4. Harga (Price)

Keempat variabel ini dikenal dengan nama 4Ps. Selain dipengaruhi oleh pasar sasaran. Keempat variabel ini juga saling mempengaruhi.

Saya akan menjelaskan gambaran besar dari bauran pemasaran ini.

1. Produk (Product) adalah tawaran untuk memuaskan kebutuhan dari perusahaan.
Tawaran ini dapat berbentuk barang, jasa, atau campuran keduanya. Produk menggambarkan bagaimana perusahaan menciptakan produk yang tepat untuk pasar sasaran.
Berkaitan dengan produk adalah pemberian merek, pengemasan, jaminan, pengembangan produk baru, kualitas produk dan lini produk yang ada.

2. Tempat (Place) adalah bagaimana perusahaan membuat produk/jasanya tersedia dalam jumlah dan lokasi yang tepat ketika konsumen memerlukan produk/jasa tersebut.
Untuk lebih sederhana, tempat disini dapat dipahami sebagai saluran distribusi yang akan digunakan oleh perusahaan dalam mendistribusikan produknya.
Berkaitan dengan tempat adalah wholesaler(termasuk distributor, pedagang besar), retailer(pengecer), dan logistik.

3. Promosi (Promotion) adalah bagaimana perusahaan mengkomunikasikan produk/jasanya kepada saluran distribusi dan pasar sasarannya untuk mempengaruhi sikap dan perilaku mereka.
Promosi dibedakan menjadi 3, yaitu penjualan pribadi (personal selling), penjualan massa (mass selling), dan promosi penjualan (sales promotion).

4. Harga (Price) adalah sejumlah uang yang perlu dibayarkan konsumen untuk mendapatkan tawaran perusahaan.
Jika perusahaan melihat harga sebagai pendapatan, maka konsumen melihat harga sebagai biaya.
Yang perlu diperhatikan adalah tujuan penetapan harga, kebijakan harga yang digunakan, dan bagaimana menetapkan harga di dunia bisnis.

Penjelasan saya tentang bauran pemasaran diatas masih sangat sederhana. Penjelasan lebih rinci dari masing-masing bauran akan saya jelaskan dalam tulisan-tulisan saya berikutnya.

Contoh untuk bauran pemasaran
Produk : Teh botol, kemasan botol, 200ml
Tempat : Penjaja minuman pinggir jalan, dikategorikan retailer
Promosi : Iklan dengan slogan "Apapun makanannya, minumannya Teh botol Sosro"
Harga : Rp.2.500-Rp.3.000/botol

Silahkan bertanya jika ada tulisan saya yang belum jelas.
Saran dan kritik juga akan sangat saya hargai. Terima kasih.

15 comments:

  1. target marketing and massal marketing tergantung product. Kalo massal marketing, maka biasanya productnya adalah yang murah. Sedangkan taget marketing biasanya dipakai untuk harga barang diatas rata-rata.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih untuk komentarnya, Melisa H.

    Menurut saya, pada dasarnya semua barang bisa didiferensiasi, sekalipun terkadang perbedaannya tidak begitu jelas. Harga tidak menjadi patokan penggunaan target marketing atau mass marketing.

    Ambil saja contoh sebuah blog. Sebuah blog dapat memilih topik yang berbeda-beda. Dari kehidupan pribadi, bisnis, pengetahuan. Harga akses sebuah blog pun termasuk murah. Saya berpendapat bahwa blog yang menarik adalah blog yang mempunyai target customer yang jelas. Dengan demikian apa yang ditulis blog itu akan selalu menarik bagi pembacanya. Sebab kita ketahui bahwa beberapa orang tertarik untuk membaca hal tertentu saja.

    Saya harap contoh tersebut dapat memberikan gambaran lebih baik tentang target marketing.

    Mohon koreksi jika saya ada kesalahan.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. ga ah, sy tetep berpedoman itu based on produk and kriteria produknya...hehehe..soalnya based on experience...hihihi..

    ReplyDelete
  4. Terimakasih inponya, bermanfaat buat saya sebagai contoh dan menambah referensi untuk tugas saya. Sekali lagi tengkiyu

    ReplyDelete
  5. Sangat membantu nih artikelnya buat ane yang belajar internet marketing mengenai strategi promosi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jasa, bauran pemasaran terdiri dari 7P yaitu 4P di atas ditambah People, Process, dan Physical evidence. Semoga bermanfaat.

      Delete
    2. Terimakasi atas Inpormasinya bos sangat berguna banget bagi kami sebagai pemulah

      Delete
    3. Terima kasih sudah membaca. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, mohon jangan sungkan.

      Delete
  6. apa beda nya dari bauran produk ini dengan segmentasi pasar, sasaran pasar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam bahasa inggris: bauran pemasaran disebut marketing mix, segmentasi pasar disebut segmentation, sasaran pasar disebut target market.

      Ketiganya adalah hal yang berbeda.

      Bauran pemasaran adalah cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan nilai bagi pasar sasaran.

      Segmentasi adalah bagaimana cara membagi pasar yang heterogen (beragam) menjadi beberapa segmen yang homogen (seragam). Tujuan dari segmentasi adalah mempermudah perusahaan untuk menentukan pasar sasaran.

      Apakah bisa dipahami? Jika belum, silahkan bertanya lebih lanjut.

      Delete
  7. dari keempat strategi diatas coba kemukakan contoh usaha dan kemukakan faktor-faktor apa yang menyebabkan penetapan strategi yang saudara pilih...

    ReplyDelete
  8. Saya kan mempunyai produk makanan ringan.tetapi pengemasannya masih belum tau.
    Kalau produk nya dikirim ke pabrik pengemasan apa bisa?

    ReplyDelete
  9. Analisa bauran pemasaran dari produk
    1. Detergen
    2. Minuman suplemen
    3. Pewangi pakaian
    4. Motor
    ini gimana kak?

    ReplyDelete