Sunday, December 13, 2009

Ekuitas Konsumen (Consumer Equity)

Apakah itu ekuitas konsumen? Kata-kata ini sangat menarik. Dalam pandangan ekuitas konsumen, konsumen adalah aset bagi perusahaan yang mempunyai nilai. Jadi bagi perusahaan, bukan hanya pabrik, kantor, peralatan yang mempunyai nilai, tetapi konsumen pun punya nilai yang dapat dihitung. Nilai ini lah yang disebut ekuitas konsumen.

Ekuitas konsumen (consumer equity) adalah aliran pendapatan yang diharapkan dari konsumen perusahaan sekarang dan yang akan datang pada periode tertentu. (Perrerault, Cannon, Mc.Carthy, 2009)

Contoh :
Seorang konsumen memakai 1 botol shampo dalam 1 bulan.
Keuntungan perusahaan = Rp.1000/botol.
Rata-rata umur pemakaian seorang konsumen = 30 tahun/konsumen.
Maka Ekuitas seorang konsumen adalah = 30tahun/konsumen x 12bulan/tahun x 1 botol/bulan x Rp.1000/botol = Rp.360.000/konsumen
Jika perusahaan memiliki 1.000.000, maka total Ekuitas konsumen adalah = Rp.360.000/konsumen x 1.000.000 konsumen = Rp.360.000.000.000

Berdasarkan perhitungan diatas, maka dapat diketahui beberapa cara untuk meningkatkan ekuitas konsumen yaitu dengan meningkatkan laba per unit produk, umur pemakaian konsumen, dan jumlah pemakaian.
Yang menjadi masalah adalah umur pemakaian konsumen. Kenapa? Apakah produk anda tidak memiliki pesaing atau subtitusi? Jika tidak, maka umur pemakaian konsumen dapat dipastikan tetap. Tetapi hampir semua produk mempunyai pesaing dan subtitusi, oleh karena itu umur pemakaian konsumen dapat panjang, juga pendek. Panjang jika konsumen tetap setia mengkonsumsi produk perusahaan. Pendek jika konsumen beralih menggunakan produk pesaing atau subtitusi.

Semakin tinggi ekuitas konsumen, maka semakin tinggi profit yang diperoleh perusahaan. Semakin tinggi profit yang diperoleh perusahaan, semakin tinggi dividen yang dibagikan dan nilai suatu perusahaan. Semakin tinggi dividen dan nilai suatu perusahaan, semakin tinggi hasil yang didapatkan oleh pemilik (stockholder). Atas dasar inilah, seorang manajer pemasaran perlu untuk mengelola program pemasaran perusahaan secara keseluruhan agar menciptakan ekuitas konsumen yang tinggi yang pada akhirnya akan memberikan hasil yang tinggi bagi pemilik perusahaan.

Silahkan bertanya jika ada tulisan saya yang belum jelas.
Saran dan kritik juga akan sangat saya hargai. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment