Sunday, December 6, 2009

Strategi Pemasaran : Awal dari Program Pemasaran

Strategi pemasaran (marketing strategy) adalah awal dari pembentukan program pemasaran.

Strategi pemasaran (marketing strategy) mencakup 2 hal :
1. Pasar sasaran (target market) : sekelompok konsumen yang cenderung sama yang ingin didekati perusahaan.
2. Bauran pemasaran (marketing mix) : variabel-variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk memuaskan pasar sasaran.

Pasar sasaran dalam hal ini dapat diartikan sebagai konsumen yang akan dijadikan sasaran oleh perusahaan. Berdasarkan pemahaman ini dapat diartikan bahwa bukan konsumen yang menyesuaikan diri dengan perusahaan, tetapi perusahaan yang menyesuaikan penawarannya dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Pasar sasaran (target market) adalah inti dari sebuah strategi pemasaran. Jika diumpamakan sebuah sel, maka pasar sasaran adalah nukleusnya. Tanpa nukleus, sebuah sel akan mati. Begitu pula dengan sebuah strategi pemasaran tanpa pasar sasaran yang jelas tidak akan berhasil.

Bentuk penawaran dari perusahaan disebut sebagai bauran pemasaran. Kenapa disebut bauran pemasaran? Karena penawaran tersebut terdiri dari 4 variabel : produk, tempat, promosi, dan harga. Biasa dikenal dengan nama 4P (Product, Place, Promotion, Price).

Bauran pemasaran harus menyesuaikan dirinya dengan pasar sasarannya. Terdapat hubungan antara produk, tempat, promosi dan harga tersebut dimana perubahan salah satu dari 4 variabel tersebut akan mempengaruhi variabel yang lainnya.

Dalam tulisan saya selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pentingnya mempunyai pasar sasaran, beda antara pemasaran berdasarkan sasaran (target marketing) dan pemasaran massal (mass marketing), dan definisi lebih jauh dari bauran pemasaran (marketing mix).

Silahkan bertanya jika ada tulisan saya yang belum jelas.
Saran dan kritik juga akan sangat saya hargai. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment