Sunday, December 6, 2009

Manajer Pemasaran : Orang yang bertanggung jawab

Dalam ilmu manajemen, kita mengenal istilah POAC (Planning Organizing Actuating Controlling) yang dipopulerkan oleh George R. Terry. Beberapa menggunakan Planning Directing Controlling dengan menggabungkan fungsi Organizing dan Actuating menjadi fungsi Directing. Ketiga fungsi dasar ini akan dipakai oleh semua manajer, apakah itu produksi, pemasaran, keuangan, ataupun sumber daya manusia.

Fungsi yang dijalankan oleh seorang manajer pemasaran dapat dibedakan menjadi 3 hal :
1. Perencanaan, mencakup : menetapkan tujuan yang ingin dicapai, mengevaluasi kesempatan/peluang pemasaran yang ada, menciptakan strategi pemasaran, mempersiapkan rencana pemasaran, mengembangkan program pemasaran.
2. Implementasi : pelaksanaan dari rencana yang telah dibuat.
3. Kontrol, mencakup : pengukuran hasil yang dicapai dan evaluasi proses implementasi pemasaran yang dilakukan.

Keseluruhan proses ini disebut strategic management planning.
Strategic management planning diartikan sebagai proses manajerial yang mengembangkan dan menjaga keseimbangan antara sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dengan kesempatan pasar yang ada untuk perusahaan tersebut (Perrerault, Cannon, Mc.Carthy, 2009).

Seorang manajer pemasaran tidak hanya melihat kepada masa sekarang tetapi juga masa depan. Begitu pula dengan rencana pemasaran yang akan dibuatnya. Seorang manajer pemasaran harus dapat melihat kesempatan/peluang pemasaran yang ada, merumuskannya menjadi sebuah program pemasaran dan menjalankannya.

Contoh : JCO. JCO pada awalnya hanya menjual donat. Tetapi setelah melihat Starbucks sukses, maka JCO pun menjual kopi dengan perbedaan ketika anda membeli kopi dari JCO maka anda secara otomatis akan mendapatkan sepotong donat (glassy) secara cuma-cuma. Belum lama ini, Sour Sally masuk ke Indonesia dan sukses. JCO melihat peluang yang ada dan membuat produk lini yang baru yaitu JYoghurt.
Saya dapat membahas lebih jauh tentang JCO, tetapi dalam hal ini yang saya ingin tunjukkan adalah bagaimana JCO dapat mengidentifikasi kesempatan/peluang yang ada di pasar makanan dan minuman, merumuskannya menjadi program pemasaran dan menjalankannya.

Pada tulisan selanjutnya, saya akan menjelaskan tentang strategi pemasaran (marketing strategy) yang merupakan awal dari program pemasaran.

Silahkan bertanya jika ada tulisan saya yang belum jelas.
Saran dan kritik juga akan sangat saya hargai. Terima kasih.

1 comment: