Monday, December 7, 2009

Program Pemasaran Perusahaan

Apakah anda mengetahui perbedaan antara strategi pemasaran (marketing strategy), rencana pemasaran (marketing plan), dan program pemasaran perusahaan (firm's marketing program)?

Inilah definisi sederhana tentang ketiga hal tersebut :
Strategi pemasaran = Pasar sasaran + Bauran pemasaran
Rencana pemasaran = Strategi pemasaran + Rincian tentang waktu pelaksanaan dan prosedur kontrol
Program pemasaran perusahaan = Rencana pemasaran + Rencana pemasaran lainnya
---
Strategi pemasaran = Pasar sasaran + Bauran pemasaran

Penjelasan mengenai strategi pemasaran telah saya jelaskan dalam tulisan saya sebelumnya yang berjudul "Strategi Pemasaran : Awal dari Program Pemasaran".
---
Rencana pemasaran = Strategi pemasaran + Rincian tentang waktu pelaksanaan dan prosedur kontrol

Rencana pemasaran menyangkut pelaksanaan/implementasi dan kontrol terhadap strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan.

Agar strategi pemasaran dapat dilaksanakan dengan baik, maka rencana pemasaran harus dapat menjawab pertanyaan sebagai berikut :
1. Bauran pemasaran apa yang akan digunakan, kepada siapa, dan berapa lama?
2. Berapa biaya yang dibutuhkan (berkaitan dengan sumber daya perusahaan) per periode waktu (minggu, bulan, tahun)?
3. Hasil apa yang diinginkan (jumlah penjualan, keuntungan, tingkat kepuasan konsumen)?

Kontrol dilakukan setelah pelaksanaan. Kontrol menyediakan umpan balik kepada manajer atas strategi pemasaran yang telah dilakukan, apakah strategi pemasaran yang dilakukan sudah mencapai hasil yang diinginkan atau belum. Dari umpan balik tersebut, manajer pemasaran akan melakukan penyesuaian terhadap strategi pemasaran yang ada.
Beberapa instrumen yang digunakan untuk melakukan kontrol adalah analisa penjualan, survey kepuasan konsumen, analisa atas biaya dan keuntungan.
---
Program pemasaran perusahaan = Rencana pemasaran + Rencana pemasaran lainnya

Perusahaan terkadang tidak hanya memiliki satu produk saja, tetapi banyak jenis dan macamnya. Oleh karena itu ada beberapa strategi pemasaran dan rencana pemasaran dari masing-masing produk tersebut. Perusahaan dengan sumber daya yang terbatas harus membuat program pemasaran perusahaan yang mencakup seluruh program pemasaran yang ada, mengalokasikan sumber daya yang ada agar setiap program pemasaran dapat memberikan kontribusi terbaik untuk perusahaan.

Silahkan bertanya jika ada tulisan saya yang belum jelas.
Saran dan kritik juga akan sangat saya hargai. Terima kasih.

1 comment:

  1. maaf kak mau tanya, untuk marketing programnya lebih jelas gimana ya? saya ada beberapa pertanyaan, boleh bertanya via email?

    ReplyDelete