Friday, August 28, 2009

Fungsi Pemasaran, Perantara dan Kolaborator

Dalam pemasaran terdapat berbagai macam fungsi. Fungsi tersebut adalah pembelian, penjualan, transportasi, penyimpanan, standarisasi, pembiayaan dan pengalihan resiko.

Fungsi penjualan dijalankan oleh produsen, sedangkan fungsi pembelian dijalankan oleh konsumen.

Pertanyaannya adalah bagaimana dengan 5 fungsi lainnya : transportasi, penyimpanan, standarisasi, pembiayaan, pengalihan resiko. Apakah 5 fungsi ini bisa dijalankan oleh produsen atau konsumen? Bisa saja. Tetapi bisa dibayangkan betapa repotnya produsen dan konsumen dalam menjalankan semua fungsi tersebut. Untuk sebuah fungsi saja, produsen mungkin harus menciptakan departemen baru yang khusus menjalankan fungsi tersebut. Agar sebuah departemen dapat berjalan dengan, maka diperlukan personalia dan budget. Departemen tersebut juga harus bekerja dalam skala yang ekonomis.

Untuk itu perlu adanya 2 spesialis, yaitu perantara (intermediaries) dan kolaborator (collaborators) yang akan membantu menjalankan fungsi-fungsi tersebut dalam skala yang ekonomis.

Perantara (intermediaries)adalah spesialis yang melakukan transaksi jual beli. Yang dimaksud disini bukan fungsi pembelian atau fungsi penjualan. Tetapi sebagai perantara jual beli. Contoh : distributor, pedagang besar, pedagang kecil.

Kolaborator (collaborators) adalah spesialis yang menjalankan fungsi selain pembelian dan penjualan.
- Fungsi transportasi. Contoh : perusahaan logistik
- Fungsi penyimpanan. Contoh : perusahaan pergudangan
- Fungsi standarisasi. Contoh : BSN (Badan Standarisasi Nasional)
- Fungsi pembiayaan. Contoh : perbankan baik dalam hal kredit modal kerja ataupun kredit pembelian
- Fungsi pengalihan resiko. Contoh : perusahaan asuransi

Spesialis-spesialis tersebut akan bekerja dalam skala yang lebih ekonomis dibandingkan produsen atau konsumen. Dengan adanya 2 jenis spesialis tersebut, produsen dapat memfokuskan dirinya dalam fungsi penjualan dan konsumen dapat memfokuskan dirinya dalam fungsi pembelian.

Silahkan bertanya jika ada tulisan saya yang belum jelas.
Saran dan kritik juga akan sangat saya hargai. Terima kasih.
---
Skala yang ekonomis (scale of economics) : jika sebuah perusahaan memproduksi dalam jumlah yang besar, maka biaya untuk setiap produknya akan menurun.

1 comment: