Friday, October 9, 2009

Ekonomi Pasar dan Peran Pemasaran

Membahas kata-kata ekonomi pasar, mengingatkan saya kepada perdebatan mengenai ekonomi neo-liberal dan ekonomi 'kerakyatan' sewaktu kampanye pemilihan presiden kemarin. Tetapi hari ini saya tidak akan membahas mana yang lebih baik, tetapi saya akan mencoba menjelaskan fungsi pemasaran dalam sistem ekonomi.

Pada dasarnya sistem ekonomi dapat dibedakan menjadi 2 :
1. Command economy (ekonomi terpimpin), yaitu ekonomi yang dikendalikan oleh pemerintah. Dalam hal ini semua kegiatan dikendalikan oleh pemerintah. Pemerintah menentukan barang apa yang diproduksi, berapa banyak yang akan diproduksi, didistribusikan oleh siapa, kapan, kepada siapa, dan mengapa.
2. Market-directed economy (ekonomi yang dikendalikan oleh pasar, disingkat ekonomi pasar) adalah ekonomi yang ditentukan oleh keputusan individual dari banyak produsen dan banyak konsumen yang akan menciptakan keputusan tingkat makro untuk ekonomi secara keseluruhan.

Menurut pendapat saya, sekarang ini sesungguhnya tidak ada negara yang menganut secara murni salah satu dari dua sistem tersebut.
Contoh :
- Cina yang terkenal dengan ekonomi terpimpin sekarang telah membuka diri dan banyak perusahaan internasional yang masuk dengan bebas untuk berinvestasi di negara tersebut. Pemerintah tidak lagi menentukan barang apa yang akan diproduksi, berapa banyak dan didistribusikan bagaimana. Tetapi pemerintah lebih berfungsi sebagai pengawas agar produsen dan barang yang diproduksinya dapat memberikan manfaat yang terbaik untuk masyarakat secara keseluruhan.
- Amerika serikat yang terkenal dengan ekonomi pasar telah membuktikan ketidakmurniannya pada krisis sub-prime mortgage dengan mengambil alih perusahaan-perusahaan besar yang bangkrut agar tidak menimbulkan efek domino yang lebih parah bagi ekonomi Amerika.

Sekalipun peran pemasaran dapat diterapkan pada command economy, tetapi peran pemasaran akan lebih terasa di market-directed economy. Hal ini disebabkan karena pada command economy, tidak ada kebebasan untuk memilih (freedom of choice). Ini membuat ketidaksesuaian dan perbedaan produsen dan konsumen sangat terbatas, sehingga peran pemasaran sebagai jembatan penghubung nyaris tidak diperlukan.
Contoh : Untuk apa mengetahui bahwa konsumen roti menyukai roti yang lembut dan manis, jika memang jenis roti yang dibuat sudah ditentukan dan konsumen tidak dapat memilih.

Dalam sistem ekonomi pasar secara makro, peran pemasaran adalah menjadi jembatan antara banyak produsen individual (heterogeneous suppy) dengan banyak konsumen individual (heterogeneous demand)

Prosesnya adalah :
1. Produsen bersama-sama dengan perantara (intermediaries) dan kolaborator (collaborators) akan melakukan fungsi pemasaran universal.
2. Fungsi pemasaran universal tersebut akan mengatasi ketidaksesuaian dan perbedaan antara produsen dan konsumen.
3. Dari proses mengatasi ketidaksesuaian dan perbedaan antara produsen dan konsumen, akan tercipta nilai dan aliran dari barang dan jasa yang akan memenuhi kebutuhan konsumen.
4. Pemerintah dan grup sosial tertentu akan mengawasi semua aktivitas yang terjadi dari produsen sampai dengan konsumen.

Untuk mempermudah anda mengerti proses ini, saya sarankan untuk membaca posting saya sebelumnya yang berjudul 'Pemasaran : Mikro dan Makro' dan 'Fungsi Pemasaran, Perantara dan Kolaborator'

Silahkan bertanya jika ada tulisan saya yang belum jelas.
Saran dan kritik juga akan sangat saya hargai. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment