Monday, August 24, 2009

Pentingkah Pemasaran ?

Kenapa saya harus belajar pemasaran?
Kenapa anda harus belajar pemasaran?
Kenapa kita harus belajar pemasaran?

"Knowledge is power"

Pemasaran adalah sekelompok rangkaian proses. Proses berarti kegiatan. Kegiatan dalam bahasa indonesia dapat dituliskan sebagai predikat. Predikat selalu ditemani oleh Subjek dan Objek.

Siapakah subjek dalam pemasaran?
Subjek dalam pemasaran adalah produsen yang menyediakan barang/jasa.
Kenapa pemasaran penting untuk produsen?
Pemasaran penting untuk produsen karena pemasaran menghubungkan mereka dengan konsumen. Konsumen adalah orang yang membeli/memakai barang/jasa dari produsen. Dari konsumen lah produsen mendapatkan keuntungan; keuntungan yang akan dipakai produsen untuk bertahan hidup.

Siapakah objek dalam pemasaran?
Objek dalam pemasaran adalah konsumen yang memakai barang/jas.
Kenapa pemasaran penting untuk konsumen?
Dalam ilmu ekonomi mikro kita mempelajari bahwa sesungguhnya yang menanggung semua biaya adalah konsumen.
Kita sebagai konsumen pula yang membayar semua biaya pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Sebuah baju yang anda pakai mencakup biaya pembuatan kapas, biaya pembuatan benang, biaya pembuatan kancing, biaya penjahitan, biaya quality control, biaya transportasi, biaya promosi. Semua biaya tersebut ditambah dengan keuntungan dari masing-masing rantai dibebankan semuanya kepada anda. Kok kita mau yah?

Dalam hidup kita, kita akan berperan sebagai produsen dan konsumen.
Kita adalah seorang produsen. Sekalipun kita sebagai seorang karyawan atau profesional, kita 'menjual' keahlian dan pengetahuan kita kepada orang lain.
Kita adalah seorang konsumen. Kita memilih barang/jasa yang kita konsumsi dari banyak produsen.

Kita adalah produsen dan konsumen. Pemasaran adalah jembatan antara produsen dan konsumen. Pentingkah pemasaran bagi kita?

Silahkan bertanya jika ada tulisan saya yang belum jelas.
Saran dan kritik juga akan sangat saya hargai. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment