Friday, August 27, 2010

Lingkungan Pemasaran Eksternal : Lingkungan Teknologi (Technological Environment)

Lingkungan pemasaran eksternal yang lain adalah lingkungan teknologi.

Teknologi mempengaruhi kesempatan pemasaran. Dua hal yang timbul dengan adanya perubahan pada lingkungan teknologi adalah :
1. Produk yang baru.
Contoh : Mp3 player. Sebelum adanya mp3 player, pemutar musik adalah disc player, cassete player dengan ukuran yang lebih besar dan kapasitas yang terbatas.
2. Proses yang baru.
Contoh : Internet terhadap komunikasi. Email menjadi lebih populer dibandingkan dengan surat. Email lebih praktis, cepat, dan murah.

Transfer teknologi dapat berlangsung cepat sekalipun tidak otomatis. Salah satu contoh adalah perusahaan Google yang terkenal dengan search enginenya. Bahkan beberapa orang sudah mengadopsi kata-kata google sebagai bahasa sehari-hari ketika mereka ingin mencari informasi.

Tekonologi internet juga mempengaruhi aliran informasi. Informasi dapat diperoleh dari seluruh dunia dengan adanya internet. Cara berkomunikasi antara perusahaan dengan konsumen pun berubah. Beberapa perusahaan telah membuat website untuk memudahkan komunikasi dengan konsumen, dua arah dan bukan hanya satu arah.

Teknologi juga memberikan tantangan untuk para pemasar untuk mengetahui apa yang sesungguhnya diinginkan oleh para konsumen dan memfokuskan usaha pengembangan ke arah tersebut.
Contoh : Twitter. Kenapa banyak tokoh publik menggunakan aplikasi ini dan bagaimana mereka menggunakan aplikasi ini? Selain menjadi sarana komunikasi yang sederhana, twitter juga dapat meningkatkan popularitas seseorang. Popularitas ini bisa bersifat positif atau negatif.

Teknologi bisa membuat beberapa masalah etika. Salah satu adalah mengenai privacy, isu sosial dan budaya, dan isu politik dan hukum.
Contoh : Facebook. Sempat ada wacana bahwa facebook akan di'haram'kan. Tetapi di lain sisi, pengguna facebook di Indonesia merupakan ketiga terbesar di dunia. Bagaimana dengan privacy anda berkaitan dengan data diri anda, informasi yang anda berikan kepada 'teman-teman' facebook anda?

Silahkan bertanya jika ada tulisan saya yang belum jelas.
Saran dan kritik juga akan sangat saya hargai. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment