Friday, January 15, 2010

Kesempatan Pemasaran (Marketing Opportunities)

Kesempatan yang ada di pasar biasanya baru diketahui setelah orang lain mengidentifikasi peluang tersebut. Lihatlah Sour Sally dengan produk frozen yoghurtnya. Banyak perusahaan yang berusaha untuk meniru Sour Sally dengan kesuksesannya mengidentifikasi kesempatan di pasar menengah keatas tersebut.

Secara garis besar kesempatan pemasaran dapat dibedakan menjadi 2 kategori (produk dan pasar) dan 2 jenis (lama dan baru).

Dari 2 kategori dan 2 jenis, ada 4 kesempatan pemasaran yang dapat diidentifikasi dan dikejar oleh perusahaan.
1. Produk lama + Pasar lama = Penetrasi pasar (market penetration)
2. Produk lama + Pasar baru = Pengembangan pasar (market development)
3. Produk baru + Pasar lama = Pengembangan produk (product development)
4. Produk baru + Pasar baru = Diversifikasi (diversification)

Adalah 1. Penetrasi pasar : berusaha untuk meningkatkan penjualan dari produk perusahaan saat ini di pasar lamanya, mungkin melalui bauran pemasaran yang lebih agresif.
Contoh : Coca Cola berusaha meningkatkan penjualan minuman Coca Cola dengan cara mempromosikan agar minuman tersebut dikonsumsi dengan makanan Indonesia pada umumnya.

Adalah 2. Pengembangan pasar : berusaha untuk meningkatkan penjualan dari produk perusahaan saat ini di pasar yang baru.
Contoh : Ketika Coca Cola pertama kali masuk ke Indonesia dari negara asalnya Amerika untuk memperoleh pasar yang baru di Indonesia.

Adalah 3. Pengembangan produk : menawarkan produk yang baru atau diimprovisasi ke pasar lama.
Contoh : Ketika Coca Cola menjual Fresh Tea. Pada awalnya, produk Coca Cola adalah minuman karbonat bersoda, tetapi di Indonesia, Coca Cola membuat teh untuk menyaingi market leader Teh Botol Sosro.

Adalah 4. Diversifikasi : berpindah kepada lini bisnis yang benar-benar berbeda dengan bisnis sebelumnya.
Contoh : Ketika Wings menjual produk Mie Sedaap dimana sebelumnya Wings menjual produk sabun. Untuk alasan ini pula, Wings menggunakan nama Wingsfood yang terpisah dari Wings untuk menghindari pikiran konsumen mengaitkan produk ini dengan produk Wings sebelumnya.

Perusahaan dapat mengejar lebih dari satu kesempatan pemasaran yang ada. Diharapkan dengan mengetahui jenis kesempatan pemasaran, perusahaan dapat memfokuskan usaha pemasarannya dengan lebih baik.

Sekalipun tidak ada pola yang pasti untuk pola pengembangan kesempatan pemasaran setiap perusahaan, tetapi biasanya pola pengembangan yang terjadi adalah penetrasi pasar, pengembangan produk/pasar, dan yang terakhir adalah diversifikasi.

Silahkan bertanya jika ada tulisan saya yang belum jelas.
Saran dan kritik juga akan sangat saya hargai. Terima kasih.

4 comments:

  1. nama blognya "pemasaran kok repot", tapi ini blog ga ada sama skali isi yang menjurus ke pemikiran mudah dalam mengerti konsep2 pemasaran, malah yg kliatan cuma rangkuman/terjemahan dari buku mengenai model2 yang sudah ada

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tanggapannya.

    Betul kalau blog ini mengacu kepada satu buku. Buku tersebut adalah "Basic marketing : a strategic planning approach". Tujuan dibuatnya blog ini adalah untuk pembelajaran mahasiswa yang mengambil kelas saya mata kuliah Manajemen Pemasaran.

    Mengenai pemilihan nama blog, semata-mata dimaksudkan agar menarik.

    ReplyDelete
  3. Sudah baik dalam penulisan dan sanggat membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah,tapi mohon untuk dibenahi dalam pengunaan bahasa
    "Saya sarankan untuk dibuat kata" se simple mungkin,sehingga mudah dipahami " Terimaksih :)

    ReplyDelete