Friday, July 23, 2010

Perusahaan - Tujuan Perusahaan (Company Objectives)

Dalam tulisan sebelumnya tentang lingkungan pemasaran (marketing environment), salah satu hal yang termasuk lingkungan pemasaran langsung adalah perusahaan.

Perusahaan dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
1. Tujuan perusahaan (objectives)
2. Sumber daya perusahaan (resources)

Tujuan perusahaan penting karena menjadi petunjuk/arahan bagi pengembangan jangka pendek dan jangka panjang perusahaan.

Tiga hal yang harus diperhatikan dalam menentukan tujuan perusahaan :
1. Perusahaan harus melakukan usahanya dalam aktivitas yang spesifik yang bermanfaat secara ekonomis dan sosial.
2. Perusahaan harus mengembangkan organisasi untuk terus melanjutkan usahanya dan mengimplementasikan strategi-strateginya.
3. Perusahaan harus mendapatkan keuntungan yang cukup untuk bertahan hidup.

Penjelasan point 1 : Perusahaan harus melakukan usahanya dalam aktivitas yang spesifik yang bermanfaat secara ekonomis dan sosial.
Manfaat ekonomis berkaitan dengan keuntungan yang didapatkan baik oleh perusahaan dan konsumen.
Manfaat sosial berkaitan dengan pandangan konsumen bahwa tujuan perusahaan adalah "baik" dalam perspektif konsumen.
Contoh : Tujuan perusahaan adalah menjadi penyedia jasa hiburan judi terbesar di negara X.
Secara ekonomis dengan adanya usaha di tempat tertentu, maka sektor pendukung yang lain akan ikut berkembang.
Secara sosial, apakah judi itu dianggap "baik" oleh konsumen dan masyarakat setempat? Di Indonesia, beberapa orang menganggap judi tidak membawa manfaat sosial. Tetapi di Malaysia, Mesir, judi jelas dianggap membawa manfaat sosial sehingga terdapat negara yang bersangkutan.
---
Penjelasan point 2 : Perusahaan harus mengembangkan organisasi untuk terus melanjutkan usahanya dan mengimplementasikan strategi-strateginya.
Contoh : Tujuan perusahaan adalah menjadi penyedia jasa katering terbesar di Jakarta. Dengan adanya tujuan tersebut, perusahaan dapat membuat berbagai macam produk makanan dan jasa layanan yang mendukung tujuan perusahaan. Ini juga berarti seluruh ide untuk produk dan jasa yang tidak mendukung tujuan perusahaan dapat dihilangkan.
---
Penjelasan point 3 : Perusahaan harus mendapatkan keuntungan yang cukup untuk bertahan hidup.
Keuntungan dimaksud adalah jangka pendek dan jangka panjang. Akan lebih baik jika perusahaan mempunyai angka sasaran yang dituju.
Contoh : Tujuan jangka pendek perusahaan adalah bertahan hidup, jangka menengah 10%, jangka panjang 5%. Besarnya angka sasaran bervariasi dan tergantung pada kebijakan dan kondisi perusahaan masing-masing.

Tujuan perusahaan biasanya diwujudkan dalam bentuk visi dan misi perusahaan.
Contoh : Telkomsel.
Visi
Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.
Misi
Telkom akan mengelola bisnis melalui praktek-praktek terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis.
Perbedaan visi dan misi terletak pada tujuan (visi) dan cara mencapainya (misi).

Seluruh bagian dalam perusahaan harus bekerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan yang sama. Tujuan perusahaan juga menjadi petunjuk bagi tujuan pemasaran (marketing objectives)

Silahkan bertanya jika ada tulisan saya yang belum jelas.
Saran dan kritik juga akan sangat saya hargai. Terima kasih.

Thursday, July 22, 2010

Lingkungan Pemasaran (Marketing Environment)

Lingkungan pemasaran dan perubahannya mempengaruhi proses perencanaan perencanaan strategi pemasaran.

Lingkungan pemasaran dapat dibedakan menjadi 2 :
1. Lingkungan pemasaran langsung
2. Lingkungan pemasaran eksternal

Lingkungan pemasaran langsung mencakup 3 hal : Konsumen, Perusahaan, dan Pesaing.
Lingkungan pemasaran eksternal mencakup 4 hal : Lingkungan ekonomi, Lingkungan teknologi, Lingkungan politik dan hukum, Lingkungan budaya dan sosial.

Manajer pemasaran akan menganalisa lingkungan pemasaran dan memutuskan arah dari strategi pemasaran perusahaan.
---
Contoh :

Anda adalah seorang pengusaha katering.

Lingkungan pemasaran langsung yang mempengaruhi adalah :
1. Konsumen.
Mencakup : individu atau organisasi, selera konsumen, tingkat pendapatan mereka, umur konsumen, dan banyak faktor lainnya.
2. Perusahaan.
Mencakup : tujuan dan misi utama perusahaan (contoh : menjadi perusahaan katering chinese food terbesar di Jakarta), kemampuan finansial perusahaan yang menentukan skala bisnis perusahaan (mentargetkan perusahaan besar atau kecil atau hanya individu), kemampuan produksi perusahaan (jenis terbatas dengan jumlah besar atau jenis banyak dengan jumlah terbatas), dan kekuatan pemasaran perusahaan (apakah ada kenalan dalam organisasi atau tenaga pemasaran tersendiri).
3. Pesaing.
Mencakup : siapakah pesaing kita, apakah perusahaan katering sejenis atau seluruh penjual makanan? apa yang dilakukan oleh perusahaan pesaing kita, dan apa respon yang kita berikan?

Lingkungan pemasaran eksternal yang mempengaruhi adalah :
1. Lingkungan ekonomi.
Contoh : kemampuan daya beli masyarakat mempengaruhi penetapan harga untuk masakan katering anda, tetapi distribusi pendapatan juga mempengaruhi. Sekalipun pendapatan perkapita Indonesia rendah tetapi distribusi pendapatan tidak merata, oleh karena itu ada produk mewah masih dapat dikonsumsi oleh sejumlah konsumen.
2. Lingkungan teknologi.
Contoh : peralatan masak yang anda gunakan (tradisional atau modern), alat transportasi (kalau dulu sepeda, sekarang menggunakan motor/mobil), alat pemasaran (kalau dulu brosur sekarang dapat lewat internet).
3. Lingkungan politik dan hukum.
Contoh : Politik - nasionalisasi dapat menjadi ancaman bagi perusahaan di negara tertentu. Hukum - bahan makanan tidak legal seperti formalin yang dilarang penggunaannya dalam produk makanan dan minuman.
4. Lingkungan budaya dan sosial.
Contoh : bahan makanan tertentu dapat dianggap haram di daerah tertentu seperti daging babi di Indonesia yang mayoritas muslim, kecuali pengusaha makanan memang menargetkan konsumen non-muslim dari sejak awal.

Keterangan tentang masing-masing lingkungan pemasaran akan dibahas lebih rinci dalam tulisan-tulisan berikutnya.

Silahkan bertanya jika ada tulisan saya yang belum jelas.
Saran dan kritik juga akan sangat saya hargai. Terima kasih.